Volatilitas : Jurnal Manajemen Dan Bisnis			
            
            
            
            
            
            
            
            Volatilitas: Jurnal Manajemen dan Bisnis invites study analysts, academicians, and practitioners of business and management to submit research-based manuscripts on various themes, topics, and aspects of management and business, including: Marketing Management, Financial and Banking Management, Human Resources Management, Operation Management & Management of Information System, Entrepreneurship
            
            
         
        
            Articles 
                55 Documents
            
            
                        
            
                                                        
                        
                            Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan: (Studi pada CV. Mekar Abadi Garment Wonosobo) 
                        
                        Adawiyyah Fatin; 
Susi Widjajani; 
Agus Saur Utomo                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.37729/volatilitas.v5i5.3804                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam manajemen sumber daya manusia adalah bagaimana cara mempertahankan produktivitas kerja karyawan yang tinggi. Produktivitas kerja karyawan yang rendah dapat terjadi karena motivasi, pengawasan, dan budaya kerja karyawan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi, pengawasan, dan budaya kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di CV. Mekar Abadi Garment Wonosobo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan CV. Mekar Abadi Garment Wonosobo dengan jumlah sampel 289 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu karyawan yang berstatus tetap dan telah bekerja minimal 2 tahun sebanyak 115 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan, (2) pengawasan kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan, dan (3) budaya kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengaruh Green Perceived Value Terhadap Green Repurchase Intention Yang Dimediasi Oleh Green Trust: (Studi pada Konsumen Mi Instan Lemonilo) 
                        
                        Adinda Mustanti; 
Murry Harmawan Saputra; 
Fitri Rahmawati                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.37729/volatilitas.v5i5.3805                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Isu permasalahan lingkungan seperti pemanasan global, banjir, dan sampah bukan lagi menjadi hal baru. Adanya permasalahan tersebut mendorong tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sehingga masyarakat mulai mempertimbangkan untuk membeli produk ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan objek Lemonilo, karena memiliki konsep yang cukup berbeda dari merek mi instan lainnya yaitu mengusung konsep gaya hidup sehat dan kesehatan lingkungan. Perusahaan harus memiliki produk ramah lingkungan yang bernilai tinggi agar dapat bersaing dengan perusahaan serupa lainnya dan mampu menciptakan kepercayaan konsumen sehingga harapannya konsumen akan melakukan pembelian berulang terhadap produk ramah lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green perceived value terhadap greenrepurchase intention yang dimediasi oleh green trust. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Mi Instan Lemonilo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan hierarchical regression analysis dan sobel test. Hasil penelitianmenunjukkan green perceivedvalue berpengaruh positifdan signifikan terhadap green repurchase intention, green perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap green trust, green trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap greenrepurchase intention, dan green trust memediasi sebagian (partial mediation) pengaruh perceived value terhadap green repurchase intention.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening: (Studi pada Produk Skintific) 
                        
                        Aulia Rachmi Amanda; 
Endah Pri Ariningsih; 
Mahendra Galih Prasaja                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                
                        
                            
                                
                                
                                    
Perkembangan industri kecantikan di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat dan diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Pesatnya perkembangan yang dialami karena kesadaran dan permintaan masyarakat terkait hal-hal kecantikan semakin tinggi. Penelitian ini menggunakan objek Skintific yang terbukti secara ilmiah dapat membantu mengatasi masalah kulit tanpa menggunakan zat kandungan berbahaya bagi kulit. Produsen skincare harus memiliki tujuan dan strategi yang tepat dengan memperhatikan hal-hal yang dapat meningkatkan mutu produk dan mampu mengkomunikasikan produknya secara tepat kepada konsumen. Hal ini dilakukan untuk menciptakan produk yang semakin berinovasi dan berkualitas sehingga konsumen diharapkan memiliki purchase intention. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh celebrity endorsement dan electronic word of mouth terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini adalah responden yang mengikuti akun sosial media Skintific. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorsement dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, celebrity endorsement dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, celebrity endorsement dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention produk Skintific yang dimediasi oleh brand image, dalam hal ini berupa mediasi komplementer
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengaruh Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja: (Studi pada pegawai RSUD Dr. Soedirman Kebumen) 
                        
                        Erni Rosmawati Pamungkas; 
Ridwan Baraba; 
Nenden Nur Annisa                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                
                        
                            
                                
                                
                                    
Semangat kerja memiliki peran penting dalam menentukan kecepatan dan kualitas hasil pekerjaan. Aktivitas kerja dalam suatu organisasi secara ideal akan berjalan lancar apabila memiliki semangat dan kegairahan dalam melaksanakan kegiatan kerja. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi semangat kerja, diantarannya yaitu kepuasan kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja. Secara parsial kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap semangat kerja, disiplin kerja berpengaruh positif terhadap semangat kerja, dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap semangat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja, disiplin kerja, dan pengaruh lingkungan kerja terhadap semangat kerja. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 23,0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai non medis non PNS RSUD DR. Soedirman Kebumen sample dalam penelitian ini adalah pegawai non medis non PNS yang berada di kantor yang berjumlah 107 karyawan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap semangat kerja, disiplin kerja berpengaruh positif terhadap semangat kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap semangat kerja.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi: (Studi pada Karyawan PT. Tunas Madukara Indah 2 Wonosobo) 
                        
                        Eva Elviana Rahmawati; 
Fitri Rahmawati; 
Dedi Runanto                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.37729/volatilitas.v5i5.3809                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia dapat diukur melalui kinerjanya. Faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan diantaranya lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meguji pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Tunas Madukara Indah 2 Wonosobo dengan jumlah 622 karyawan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 144 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Hierarchical Regression Analysis dan Sobel Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (4) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (6) kepuasan kerja memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, (7) kepuasan kerja memediasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengaruh Brand Ambassador dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Image: (Studi pada Produk Realfood Jelly) 
                        
                        Ivana Murdiyani; 
Endah Pri Ariningsih; 
Galih Mahendra Prasaja                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                
                        
                            
                                
                                
                                    
Tingginya minat masyarakat untuk merawat kulit dan tubuh membuat skincare menjadi sangat populer. Banyaknya skincare yang berkembang membuat persaingan semakin ketat. Untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk menciptakan brand image yang positif dan purchase intention konsumen agar dapat memenangkan persaingan. Citra merek yang positif dapat diciptakan melalui penggunaan brand ambassador yang tepat dan pengelolaan social media marketing yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand ambassador dan social media marketing terhadap purchase intention melalui brand image. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengetahui Ahn Hyo Seop sebagai brand ambassador Realfood Jelly. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive samping. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Analisis data menggunakan PLS-SEM dengan program SmartPLS 3. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data diukur menggunakan outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (2) social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (3) brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image (4) social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image (5) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (6) brand image memediasi komplementer pengaruh brand ambassador terhadap purchase intention (7) brand image memediasi komplementer pengaruh social media marketing terhadap purchase intention.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengaruh E-Service Quality dan E-Wom Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening: (Studi pada Pengguna E-Commerce Sociolla) 
                        
                        Meli Anggraeni; 
Titin Ekowati; 
Dedi Runanto                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.37729/volatilitas.v5i5.3811                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Era modernisasi membawa teknologi internet menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia karena akses terhadap informasi dapat diketahui dengan cepat yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengakses informasi yang sedang dibutuhkan. Hal inilah yang mempengaruhi perilaku masyarakat untuk berbelanja online karena fenomena e-commerce menjadi tren yang berkembang pesat yang menyebabkan industri bidang e-commerce bersaing ketat saat ini. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty, e-WOM terhadap e-loyalty, e-service quality terhadap e-satisfaction, e-WOM terhadap e-satisfaction, e-satisfaction terhadap e-loyalty, e-service quality terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction sebagai variabel intervening, dan e-WOM terhadap e-loyalty melalui e- satisfaction sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna e-commerce Sociolla. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan hierarchical regression analysis dan sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty, e-service quality dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction, e-satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty, e- service quality dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty melalui e- satisfaction sebagai variabel intervening, dalam hal ini berupa mediasi komplementer (mediasi sebagian/partial mediation).
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengaruh Corporate Image Dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dengan Costumer Trust Sebagai Variabel Mediasi: (STUDI PADA SMARTPHONE REALME C35) 
                        
                        Nuzulia Puspa Amanda; 
Endah Pri Ariningsih; 
Mahendra Galih Prasaja                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                
                        
                            
                                
                                
                                    
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dari tahun ke tahun semakin pesat dan diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Salah satunya teknologi informasi dan komunikasi yang sering digunakan masyarakat yaitu smartphone. Hampir setiap tahun teknologi smartphone mengalami perkembangan. Perkembangan pertumbuhan smartphone yang dialami karena permintaan pasar yang semakin tinggi. Salah satu smartphone yang terus mengalami perkembangan yaitu smartphone Realme. Smartphone Realme terus mengalami perkembangan dengan memiliki varian smartphone yang beragam salah satunya Realme C35. Hal ini membuat perusahaan Realme harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang percaya dan yakin sehingga tidak berpaling kepada merek lain untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Image dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention dengan Costumer Trust sebagai variabel mediasi. Pada penelitian ini yang menjadi populasi yaitu masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang smartphone Realme C35. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan SmartPLS dengan metode analisi SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate image, brand awareness, costumer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, corporate image dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap costumer trust, corporate image dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention produk smartphone Realme C35 yang dimediasi oleh costumer trust, dalam hal ini berupa mediasi Sebagian (partial mediation).
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengaruh Brand Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Dengan Emotional Brand Attachment dan Brand Love Sebagai Variabel Intervening: (Studi Pada Pengguna Smartphone iPhone) 
                        
                        Rista Migunani; 
Endah Pri Ariningsih; 
Mahendra Galih Prasaja                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                
                        
                            
                                
                                
                                    
Teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat, hal ini membuat informasi dari berbagai penjuru dunia dengan mudah didapatkan dalam hitungan detik. Salah satunya di Indonesia, diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat sering kita jumpai adalah smartphone. Saat ini smartphone mengalami perkembangan yang sangat pesat dan hampir setiap tahun teknologi yang satu ini terus mengalami perkembangan. Salah satu smartphone yang terus mengalami perkembangan adalah smartphone iPhone. Hal ini membuat perusahaan iPhone harus mempunyai solusi yang nyata dan strategi yang tepat sasaran agar meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal dan tidak mudah berpaling ke merek yang lain untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Brand Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Dengan Emotional Brand Attachment dan Brand Love Sebagai Variabel Intervening. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengguna smartphone iPhone. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand satisfaction, emotional brand attachment, dan brand love berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, brand satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional brand attachment, brand satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love, emotional brand attachment berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love, brand satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pengguna smartphone iPhone yang dimediasi oleh emotional brand attachment, brand satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pengguna smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand love, dalam hal ini berupa mediasi komplementer.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Analisis Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Decision Dengan Consumer Engagement Sebagai Variabel Pemediasi: (Studi pada Pengguna Produk Somethinc) 
                        
                        Siwi Lestari; 
Murry Harmawan Saputra; 
Mahendra Galih Prasaja                        
                         Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 5 No. 5 (2023) 
                        
                        Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                
                        
                            
                                
                                
                                    
Dunia bisnis dibidang kecantikan saat ini semakin kompetitif. Banyaknya perusahaan produk kecantikan yang menawarkan varian produk yang hampir sama membuat persaingan semakin ketat. Sehingga setiap perusahaan harus melakukan strategi unggul agar dapat memenangkan persaingan. Adanya persaingan yang ketat membuat konsumen menjadi lebih selektif dalam memilih produk. Oleh karena itu, perusahaan dituntut harus memahami perilaku konsumen agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang beragam. Hal ini sangat menentukan keberhasilan produk agar dapat diterima baik oleh konsumen. Content marketing dan consumer engagement merupakan hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar dapat meningkatkan purchase decision. Perusahaan yang membuat konten dengan kualitas baik dan memberikan manfaat kepada konsumen, maka konten tersebut dapat lebih dipercaya dan akan meningkatkan engagement yang kuat dengan konsumen sehingga terjalin hubungan yang baik. Dengan upaya yang dilakukan tersebut dapat meningkatkan purchase decision. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh content marketing terhadap purchase decision, 2) pengaruh content marketing terhadap consumer engagement, 3) pengaruh consumer engagement terhadap purchase decision, 4) pengaruh content marketing terhadap purchase decision melalui consumer engagement sebagai variabel mediasi. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna produk Somethinc. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan responden sebanyak 210 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Analisis data menggunakan Smart PLS 3.29. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabititas. Data diukur menggunakan outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, 2) content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer engagement, 3) consumer engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, 4) consumer engagement memediasi secara komplementer pengaruh content marketing terhadap purchase decision pada pengguna produk Somethinc.