Rumah sakit merupakan sarana kesehatan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupunmasyarakat. Rumah sakit mempunyai fungsi sebagai pelaku pelayanan kesehatan dasar atau kesehatanpenunjang. Keberhasilan rumah sakit dalam menjalankan fungsinya ditandai dengan adanyapeningkatan kualitas pelayanan. Salah satu keberhasilan pelayanan adalah seberapa besar kinerjaperawat dalam memeberikan asuhan keperawatan yang baik kepada pasien dan keluarganya. Untukmemberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhikinerja, diantaranya yaitu motivasi kerja dan kepuasan kerja.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh motivasi kerja terhadap kinerjaperawat, (2) untuk menguji pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja, (3) untuk mengujipengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja perawat, dan (4) untuk menguji pengaruh kepuasan kerjadalam memediasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja perawat. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh perawat Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo. Teknik pengambilan sampel pada penelitianini menggunakan teknik sensus atau sampling total dan diperoleh sampel sebanyak 92 responden.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan skala likert yang masing-masingsudah diuji cobakan serta telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakanalat bantu SPPS 25.0 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerjaperawat, (2) motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, (3) kepuasan kerjaberpengaruh positif terhadap kinerja perawat, dan (4) kepuasan kerja tidak memediasi secara parsialpengaruh motivasi kerja terhadap kinerja perawat.Kata Kunci: Motivasi, Kinerja, Kepuasan Kerja.
Copyrights © 2025