Internet mengubah pemasaran tradisional menjadi pemasaran online yang memudahkanproses komunikasi dan periklanan yang bertujuan untuk mengajak konsumen agar tertarik untukmembeli produk yang ditawarkan di sosial media. Strategi untuk meningkatkan minat beli konsumenadalah dengan social media marketing sehingga terciptanya consumer engagement dan akanberdampak pada consumer purchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruhsocial media marketing terhadap consumer purchase intention (2) pengaruh social media marketingterhadap consumer engagement (3) pengaruh consumer engagement terhadap consumer purchaseintention (4) menguji peran consumer engagement memediasi pengaruh social media marketing padaconsumer purchase intention.Populasi penelitian ini adalah seluruh pengikut halaman media sosial Instagram UniqloIndonesia. Sampel penelitian berjumlah 150 responden, teknik pengambilan sampel menggunakanteknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likertyang terjawab secara lengkap sesuai kriteria dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metodeanalisis data yang digunakan hierarchical regression analysis dan sobel test.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa social media marketing berpengaruh positif dansignifikan terhadap consumer purchase intention, social media marketing berpengaruh positif dansignifikan terhadap consumer engagement, consumer engagement berpengaruh positif dan signifikanterhadap consumer purchase intention, consumer engagement memediasi pengaruh social mediamarketing pada consumer purchase intention secara partial mediation.Kata kunci: social media marketing, consumer engagement, consumer purchase intention.
Copyrights © 2025