Jurnal Bisnis Mahasiswa
Vol 5 No 3 (2025): Jurnal Bisnis Mahasiswa

Pengaruh Market Orientation dan Human Capital terhadap Competitive Advantage dengan di Mediasi Dynamic Marketing Capability

Prabowo, Wahyu Agung Setio (Unknown)
Denata, Deni Luky (Unknown)
Sulati, Sulati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Covid-19 mengakibatkan adanya perubahan pasar properti yang sangat dinamis. Sehingga perlu pendekatan yang optimal untuk mengikuti perubahan tren pasar tersebut. Dalam konteks ini peneliti hendak mengeksplorasi pengaruh market orientation dan human capital terhadap competitive advantage yang dimediasi dynamic marketing capabilities. Penelitian ini dilakukan terhadap 125 orang marketing properti yang tersebar di wilayah Jawa timur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa market orientation dapat berpengaruh positif terhadap competitive advantage secara langsung maupun dimediasi dynamic markering capabilities terlebih dahulu. Serta mengungkapkan pengaruh human capital yang tidak bisa langsung berpengaruh terhadap competitive advantage, namun harus dimediasi lebih dulu oleh dynamic marketing capabilities. Kemudian hasil penelitian ini memiliki implikasi penting yang menyarankan bahwa pimpinan harus sadar pentingnya pemahaman dan market orientation terhadap strategi persaingan dengan kompetitor. Serta, perlu adanya pengelolaan secara serius terhadap human capital agar dapat bermanfaat terhadap competitive advantage perusahaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Tujuan dari Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah untuk mendorong penyebaran seluas-luasnya hasil penelitian ilmiah akademisi dibidang bisnis. Jurnal Bisnis Mahasiswa mengundang artikel-artikel di bidang: Manajemen Akuntansi Ekonomi e-Business Jurnal Bisnis Mahasiswa menerima artikel-artikel yang ...