Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MIS Ar Rum Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan berbagai strategi, di antaranya penguatan kurikulum berbasis Islam, peningkatan kompetensi guru, optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah, serta penguatan budaya religius di lingkungan sekolah. Faktor-faktor pendukung strategi ini meliputi komitmen guru, partisipasi orang tua, serta fasilitas yang mendukung. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan anggaran dan kurangnya pelatihan berbasis digital bagi guru. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah memiliki peran signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam dan dapat menjadi model bagi madrasah lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024