Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan pembina dan instruktur pramuka, sementara data sekunder diperoleh dari dokumentasi seperti visi dan misi, struktur organisasi, serta dokumen terkait koordinasi program ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen adalah seni atau proses untuk mencapai tujuan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan melibatkan siswa dan guru untuk menentukan program yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara rutin dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk orang tua dan masyarakat. Evaluasi dilakukan untuk mengukur keberhasilan program dan memberikan umpan balik untuk perbaikan di masa mendatang
Copyrights © 2025