Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) Pengelolaan kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran Sejarah di kelas XI SMA N 1 Pemangkat; (2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah di kelas XI SMA N 1 Pemangkat; dan (3) Hubungan pengelolaan kegiatan belajar mengajar dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas XI SMA N 1 Pemangkat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan studi hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pemangkat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat dengan jumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis persentase dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan kegiatan belajar mengajar dalam proses pembelajaraan sejarah di kelas XI SMA N 1 Pemangkat tergolong “Baik†dengan persentase sebesar 80,84%; (2) Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Sejarah di kelas XI SMA N 1 Pemangkat tergolong “Baik†dengan persentase 75,65%; dan (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengelolaan kegiatan belajar mengajar dengan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Sejarah di kelas XI SMA N 1 Pemangkat sebesar 0,5646 dengan kategori “Sedangâ€.Kata Kunci: kegiatan belajar mengajar, aktivitas belajar.
Copyrights © 2016