Jurnal Media Informatika
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Media Informatika

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams Game Tournament) Berbantuan Media Card Sort Terhadap Keaktifan Belajar IPAS Siswa Kelas IV MIS Darul Ulum Palangka Raya

Wahdana, Akhmad Sukma (Unknown)
Hidayati, Sri (Unknown)
Rizal, Setria Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Materi pembelajaran IPAS banyak yang bersifat kontekstual, karena berkaitan dengan fenomena alam dan kehidupan social sehari-hari. Namun konsep tersebut sering kali abstrak dan membutuhkan pemahaman yang mendalam, serta sering kali melibatkan proses dan teori yang kompleks mengakibatkan kejenuhan jika hanya disampaikan dengan metode ceramah, oleh karena itu di butuhkankan model pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Tahapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Group Tournament (TGT) berbantuan media card sort pada pembelajaran IPAS di kelas IV MIS Darul Ulum Palangkaraya. 2. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berrbantuan media card sort Terhadap Keaktifan Belajar IPAS siswa kelas IV MIS Darul Ulum Palangkaraya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data meliputi tes observasi keaktifan belajar siswa (pretest dan posttest). 1.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ini berjalan dengan sangat baik, dengan total nilai observasi mencapai 93. Dengan penerapan yang berjalan sangat baik juga berdampak pada hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa. 2. Adapun nilai pretest siswa diperoleh rata-rata sebesar 63,56, sementara rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 80,86. Hasil analisis statistik dengan uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansin 0,000, yang lebih kecil dari taraf signifikansi (a) 0,05, sehingga H0 ditolak dan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Nilai t hitung sebesar -10,715, Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara keaktifan belajar siswa  sebelum dan sesudah perlakuan dengan kategori sedang. Dengan demikian, model pembelajaran yang diterapkan terbukti berpengaruh dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi Keunikan Kebiasaaan Masyarakat pada kelas IV A MIS Darul Ulum Palangkaraya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jumin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

1. IT Infrastructure and Security (ITIS): Information Security and Privacy Digital Forensics Network Security Cryptography Cloud and Virtualization Emerging Technologies Computer Vision and Image Ethics in Information Systems Human Computer Interaction Wireless Sensor Networks Medical Image Analysis ...