Jurnal Media Informatika
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Media Informatika

Penerapan Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Miftahul Huda 2 Kota Palangka Raya

Taslim, Muzakir (Unknown)
Hidayati, Sri (Unknown)
Utama Rizal, Setria (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran matematika di kelas V MI Miftahul Huda 2 serta menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dan menciptakan suasana kelas yang lebih nyaman dan interaktif. Saat ini, pembelajaran matematika di kelas tersebut menghadapi tantangan, salah satunya adalah rendahnya partisipasi siswa karena metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Kurangnya variasi dan interaksi dalam metode pengajaran membuat siswa mudah bosan, kurang termotivasi, dan mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, membangun keberanian mereka untuk bertanya dan berdiskusi, serta membantu mereka lebih memahami materi matematika. Selain itu, metode ini juga menciptakan suasana kelas yang lebih nyaman, di mana siswa lebih aktif berinteraksi dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas. Oleh karena itu, metode tutor sebaya dapat menjadi salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jumin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

1. IT Infrastructure and Security (ITIS): Information Security and Privacy Digital Forensics Network Security Cryptography Cloud and Virtualization Emerging Technologies Computer Vision and Image Ethics in Information Systems Human Computer Interaction Wireless Sensor Networks Medical Image Analysis ...