Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business
Vol. 5 No. 1 (2025): Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (2025)

Pengaruh Cashback, Flash Sale, Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Generasi “Z” Pada Shopee

Iqbal, Muhammad (Unknown)
Suwarno (Unknown)
Andrinaldo, Arisky (Unknown)
Anggraini, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cashback, flash sale, dan tagline "Gratis Ongkir" terhadap impuls buying generasi "Z" pada platform e-commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi 2.012 mahasiswa aktif Universitas Bina Insan. Sampel penelitian berjumlah 95 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cashback dan flash sale memiliki pengaruh signifikan terhadap impuls buying generasi "Z", dengan nilai t-statistics masing-masing 4.309 dan 2.503, yang lebih besar dari t-tabel 1.985, serta p-value 0.000 dan 0.012 yang lebih kecil dari 0.05. Sementara itu, tagline "Gratis Ongkir" tidak menunjukkan pengaruh signifikan, dengan t-statistics 0.554 yang lebih kecil dari t-tabel 1.985, dan p-value 0.580 yang lebih besar dari 0.05. Hasil regresi F menunjukkan bahwa kombinasi cashback, flash sale, dan tagline "Gratis Ongkir" memiliki pengaruh signifikan terhadap impuls buying generasi "Z" dengan nilai F sebesar 941.370 dan p-value 0.000, yang lebih kecil dari 0.05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ifi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (IFI-JEB) is a fully refereed (double-blind peer review) and an open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers and students, published by Lembaga Intelektual Muda (LIM) Maluku. IFI-JEB ...