Penelitian ini mengkaji tentang etika santri menurut Imam al-Mawardi dalam kitab adab al-dunya wa al-din. Etika dan pendidikan memiliki hubungan yang erat. Pendidikan Islam harus berupa proses pengarahan pengembangan kehidupan dan religiusitas pada santri menuju pada cita-cita kehidupan Islami. Pendidikan Islam berorientasi pada upaya menciptakan pribadi yang tangguh dan dinamis, mandiri dan kreatif. Sangat sulit membayangkan ilmu pengetahuan tanpa kendali nilai-nilai etika agama. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui etika santri menurut Imam Al Mawardi dalam kitab Ȃdȃb al Dunyȃ wa al Dȋn. (2) Mengetahui relevansi pemikiran etika santri menurut Imam Al-Mawardi dalam kitab Ȃdȃb al-Dunyȃ wa al-Dȋn dengan tujuan pendidikan pesantren. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan penelitian Library Research dengan menggunakan bahan-bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku. Metode yang digunakan adalah hermeneutik, yaitu menggunakan logika linguistik dengan menjadikan penjelasan dan pemahaman makna kata serta makna bahasa sebagai bahan dasar dengan pendekatan filosofis, artinya semua substansinya memerlukan pengolahan filosofis atau teoritis dan terkait dengan nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori etika santri menurut Imam al-Mawardi dalam kitab adab al-dunya wa al-din secara umum, teorinya memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan pesantren dan masih sangat relevan di era ini.
Copyrights © 2025