WACANA DIDAKTIKA
Vol 5, No 1 (2017)

PENGEMBANGAN KARIER GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IFADAH PENJARINGAN JAKARTA UTARA




Article Info

Publish Date
05 Aug 2017

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ifadah  berlokasi di kelurahan Penjaringan Jakarta Utara. Merupakan sekolah formal yang memadukan  kurikulum agama dan materi pengetahuan umum. Madrasah yang berdiri sejak tahun 1995 berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk. yang merupakan harapan masyarakat di lingkungan sekolah dalam memberikan pendidikan bagi anak-akanya. Banyak keterbatasan dan kekurangan di sekolah tersebut baik dari faktor internal  maupun eksternal sekolah. Kendala tersebut tidak membuat Madrasah Ibtidaiyah Al-Ifadah kalah bersaing dengan sekolah lain setingkatnya, justru banyak prestasi diraih. Selain prestasi akademik, pengembangan karier guru di sekolah tersebut cukup efektif dan optimal.             Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study). Pengumpulan data diperoleh  dengan mewawancarai Kepala sekolah sebagai narasumber utama (key informan), guru senior sebagai pelaku sejarah, dan stakehorders sekolah sebagai penguatan dalam pengambilan data.            Hasil temuan menunjukkan bahwa ada dua program yang cukup efektif dalam pengembangan karier guru di MI Al-Ifadah 1) peningkatan pendidikan guru dari jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas hingga Perguruan Tinggi Program Stata Satu hingga program Pasca Sarjana. 2) Pelatihan,  dalam  workshop atau rapat kerja sekolah yang dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru, pelatihan baik internal maupun eksternal sekolah merupakan salah satu agenda pembahasan yang pendapatkan perhatian dan salah satu program unggulan sekolah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

wacanadidaktika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

WACANA DIDAKTIKA adalah jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains yang secara khusus memuat artikel ilmiah seputar pendidikan dan sains, baik berupa hasil peikiran konseptual ataupun hasil penelitian. Wacana didaktika terbit setiap semester (dua kali dalam setahun) yaitu setiap bulan Juni dan ...