Di Indonesia penggunaan e-wallet menunjukkan peningkatan yang signifikan, terutama pada kalangan generasi Z (Gen Z). Tawaran akan kemudahan transaksi, keamanan, kecepatan, dan promosi pada e-wallet mendapat apresiasi tinggi bagi mereka. Dibalik itu semua kecenderungan peningkatan perilaku konsumtif juga meningkat. Pembahasan perilaku konsumtif dan prediktonya adalah topik menarik dan menjadi perhatian peneliti dan praktisi. Kerangka kerja pada studi ini mencakup penggunaan e-wallet, mediasi self-control yang mempengaruhi perilaku konsumtif generasi Z. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-wallet terhadap perilaku konsumtif, dan fungsi self-control sebagai mediator antara penggunaan e-wallet dan perilaku konsumtif. Desain pada penelitian ini adalah survei cross-sectional dengan data primer yang diperoleh dari jawaban pernyataan kuesioner. Setiap pernyataan-pernyataan mencerminkan indikator dari setiap konstruk. Data dari 125 karyawan aktif dari generasi Z di Kota Padang digunakan dalam pengujian model yang telah dibangun dan dihipotesiskan serta dilakukan analisis SEM melalui dua tahap yaitu uji outer model dan uji inner model menggunakan SmartPls versi 3.0. Hasilnya menegaskan bahwa penggunaan e-wallet, baik secara langsung dan tidak langsung, berkaitan dengan self-control dan perilaku konsumtif generasi Z. Lebih jauh lagi, efek mediasi kontrol diri pada hubungan penggunaan e-wallet dan perilaku konsumtif dikonfirmasi. Temuan penelitian ini dapat memberikan manfaat untuk menekan perilaku konsumtif pada pengguna e-wallet melalui self-control yang tinggi. Penelitian lebih lanjut dapat mengarahkan konstruksi yang berpengaruh pada perilaku konsumtif (misalnya; gaya hidup, literasi keuangan, dan kepribadian).
Copyrights © 2025