Media pembelajaran merupakan salah satu media yang efisien untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan serta efektivitas media pembelajaran dan jobsheet instalasi penerangan listrik menggunakan PLTS berbasis IoT di SMK Negeri 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Produk akhir yang dihasilkan berupa media trainer dan jobsheet pembelajaran instalasi penerangan listrik menggunakan PLTS berbasis IoT yang diuji tingkat kelayakannya oleh lima ahli media dan ahli materi, serta produk diuji coba kepada 24 peserta didik kelas XI TITL 2 sebagai pengguna. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes pengetahuan awal peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media trainer dan jobsheet pembelajaran instalasi penerangan listrik menggunakan PLTS berbasis IoT dinilai sangat layak digunakan. Hasil penilaian yang didapatkan dari ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,3, dengan rentang skor x ≥ 78, pada kategori "Sangat Layak". Hasil tingkat kelayakan jobsheet pembelajaran oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 101, dengan rentang skor x ≥ 84, pada kategori "Sangat Layak". Penilaian dari peserta didik didapatkan hasil nilai rata-rata keseluruhan 90,45 untuk media trainer dan jobsheet pembelajaran, dengan rentang skor x ≥ 81, dengan kategori "Sangat Layak". Tingkat efektivitas media trainer dan jobsheet diuji menggunakan metode n-gain. Hasil tingkat efektivitas media dan jobsheet memperoleh nilai sebesar 0,7073, yang berada pada interval n-gain > 0,70, atau tergolong dalam kategori "Efektivitas Tinggi".
Copyrights © 2025