Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan
Vol 13, No 2 (2025)

DESAIN UI/UX APLIKASI MOBILE PEMESANAN MAKANAN ONLINE: PROTOTYPING MENGGUNAKAN FIGMA DENGAN METODE KISS

Firmansyah, Danu (Unknown)
Voutama, Apriade (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Desain anatarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) berperan penting dalam keberhasilan aplikasi pemesanan makanan online.Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX aplikasi pemesanan makanan online dengan metode prototyping menggunakan Figma dan prinsip Keep It Simple Stupid (KISS).Metode penelitian mencakup studi literature serta pengembangan prototipe yang berfokus pada kesederhanaan dan efisiensi interaksi pengguna.Proses penelitian meliputi pengumpulan data,pembuatan prototipe desain,serta evaluasi berdasrkan prinsip KISS.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode KISS dalam desain UI/UX meningkatkan kemudahan navigasi,efisiensi penggunaan, serta pengalaman pengguna secara keseluruhan.Pengguna dapat memahami dan mengoperasikan aplikasi dengan lebih cepat,sehingga proses pemesanan makanan menjadi lebih intuisif.Selain itu,penggunaan Figma dalam protoyping memungkinkan pengujian dan iterasi yang lebih responsive terhadap kebutuhan pengguna.Kesimpulannya,kombinasi metode prototyping dan prinsip KISS terbukti efektif dalam mencioptakan desain UI/UX yang optimal untuk aplikasi pemesanan makanan onlineĀ 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET) merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2013. JITET memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknik Elektro. JITET berkomitmen untuk ...