Abstrak: Pelatihan pembuatan lilin aromaterapi memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan praktis dan kreativitas siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hardskill siswa dalam pembuatan lilin aromaterapi, sehingga mereka memiliki bekal keterampilan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun sebagai peluang wirausaha. Metode pelatihan yang digunakan meliputi pemberian materi secara ceramah dan praktik langsung pembuatan lilin aromaterapi. Peserta kegiatan ini adalah 80 siswa/i dari SMAN 1 Kasongan. Diakhir kegiatan pelatihan dilakukan evaluasi dengan pengisian angket oleh peserta untuk menilai pemahaman dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 81,25% peserta memahami metode pembuatan lilin aromaterapi, sedangkan 90% peserta mampu membuat lilin aromaterapi secara mandiri. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan praktis dan kreativitas siswa.Abstract: The aromatherapy candle-making training plays an important role in enhancing students' practical skills and creativity. This activity aims to enhance students' hard skills in making aromatherapy candles, so they have a set of skills that can be applied in daily life as well as entrepreneurial opportunities. The training methods used include lectures and hands-on practice in making aromatherapy candles. The participants of this activity are 80 students from SMAN 1 Kasongan. At the end of the training activities, an evaluation was conducted with participants filling out a questionnaire to assess the understanding and skills acquired during the training. The evaluation results show that 81.25% of the participants understand the method of making aromatherapy candles, while 90% of the participants are able to make aromatherapy candles independently. Thus, this training has proven effective in enhancing students' practical skills and creativity.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025