Abstrak: UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, namun banyak yang menghadapi tantangan dalam penyusunan laporan keuangan dan penerapan pemasaran digital. Tujuan dari dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tentang sistem informasi akuntansi berbasis Excel dan pemasaran digital, untuk meningkatkan daya saing UMKM Roti Mahkota yang ada di Rejowinangun Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pelatihan dan pendampingan dengan tiga tahap yaitu pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini melibatkan satu orang yaitu manajer Roti Mahkota yang dipercaya menjadi wakil pemilik Roti Mahkota. Sistem evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara memberikan kuesioner yang berisi pertanyaan terkait keuangan dan pemasaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan sebesar 90% pada kemampuan penyusunan laporan keuangan berbasis Excel dan pemasaran digital. Pendekatan ini efektif dalam meningkatan daya saing UMKM Roti Mahkota, memungkinkan mereka uintuk mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan keberlanjutan usaha. Program ini diharapkan dapat membantu pengembangan kapasitas UMKM untuk bersaing di era digital.Abstract: MSMEs play an important role in Indonesia's economy; however, many face challenges in financial reporting and digital marketing implementation. This community service activity aims to enhance skills in Excel-based accounting information systems and digital marketing to improve the competitiveness of Roti Mahkota, an MSME located in Rejowinangun, Yogyakarta. The method used in this activity consists of training and mentoring, carried out in three stages: pre-activity, activity implementation, and activity evaluation. This initiative involves one participant, the manager of Roti Mahkota, who serves as the representative of the business owner. The evaluation process is conducted through questionnaires containing questions related to finance and marketing.The results show a 90% improvement in Excel-based financial reporting skills and digital marketing implementation. This approach has proven effective in enhancing the competitiveness of Roti Mahkota, enabling them to reach a broader market and improve business sustainability. This program is expected to contribute to the capacity development of MSMEs to compete in the digital era.
Copyrights © 2025