Edukasi dan Didatika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

Analisis Aspek Koneksi matematis pada permainan botol angka di TK TA AL Matholi Tunahan Jepara Tahun 2024/2025

Solekah Solekah (Universitas PGRI Semarang)
Joko Sulianto (Universitas PGRI Semarang)
Bagus Ardi (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek koneksi matematis dalam kegiatan pembelajaran melalui permainan botol angka di TK TA Al Matholi Tunahan, Jepara. Permainan botol angka dirancang sebagai media pembelajaran interaktif untuk mengenalkan konsep matematika dasar kepada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi siswa kelompok A . Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan botol angka mampu mengembangkan kemampuan koneksi matematis anak, seperti menghubungkan konsep angka dengan benda konkret, memahami pola hubungan antarangka, dan mengenali aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, interaksi dalam permainan ini juga mendorong anak untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan meningkatkan keterampilan motorik halus. Guru memiliki peran penting dalam mengarahkan dan memfasilitasi kegiatan agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukatika

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi dan Didatika adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada scope pendidikan khususnya pendidikan ...