Tantangan di masa yang akan datang perilaku manusia tetap harus dijaga sesuai dengan aturan dan norma yang ada, sehingga dengan beragama maka manusia memiliki pondasi dan batasan mengenai perilaku yang diperbolehkan dan dilarang oleh agama. Penanaman sikap spiritual terhadap peserta didik perlu dilakukan baik dalam lingkup sekolah maupun di rumah. Karena Aspek spiritual ini dapat menjadi benteng moral atau karakter bagi kehidupan siswa dalam menghadapi segala permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan sikap spiritual peserta didik melalui kurikulum merdeka, tantangan dan upaya yang dihadapi dan dilakukan pada proses pembelajaran kurikulum merdeka dan Menganalisis hasil sikap spiritual peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, dan gambar. Narasumber pada penelitian berjumlah 55 orang yang terdiri 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas V Al-Khaizini, 1 guru kelas V Al-Jayyani dan 26 orang peserta didik kelas V Al-Khaizini dan 26 orang peserta didik kelas V Al-Jayyani. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan guru untuk meningkatkan sikap spiritual peserta didik, berjalan dengan sesuai menggunakan strategi yang telah dibuat pada modul ajar. Dan semangat mengkaji ajaran agama meningkatkan pemahaman dan minat mendalami ajaran agama. Kedisiplinan di MIN 1 Kota Cilegon ditingkatkan melalui teguran lisan, tugas tambahan dan pengurangan nilai bagi yang tidak disiplin, serta kepatuhan pada perintah agama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025