Jurnal Al-Ilmi
Vol 6 No 1 (2025): Maret

Peran Guru dalam Merancang Asesmen pada Kurikulum Merdeka di SMK N 1 Karangdadap

Khoiru Nada, Lailatul (Unknown)
Ismaturosidah, Ika (Unknown)
Ni’matus Zahro, Ainun (Unknown)
Hami, Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Pendidikan merupakan faktor kunci dalam pembangunan suatu negara. Melalui pendidikan, generasi muda dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan. Kurikulum merdeka belajar sebagai kurikulum pendidikan berfokus pada pemenuhan hak setiap peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar yang relevan. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan metode deskripsi kualitatif yaitu suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan gambaran sesuatu apa adanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penting guru dalam merancang dan melaksanakan asesmen, mendeskripsikan langkah- langkah guru dalam merancang asesmen, serta tantangan dan solusi guru dalam merancang asesmen yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka di SMK N 1 Karangdadap. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa asesmen memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMK N 1 Karangdadap. Sebagai salah satu komponen utama dalam pembelajaran, asesmen tidak hanya menjadi alat evaluasi hasil belajar siswa tetapi juga berfungsi untuk mendukung pencapaian kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan kewirausahaan. Guru memainkan peran sentral dalam merancang asesmen yang berbasis kompetensi, relevan, dan selaras dengan tujuan pembelajaran, sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila untuk membentuk siswa yang unggul secara akademik dan berkarakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Al-Ilmi adalah Jurnal Program Pascasarjana Prodi PAI yang dikelolah oleh Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Ahmad Dahlan yang memuat penelitian tentang Pendidikan Agama ...