CITIZEN: Jurnal Ilmiah Mulitidisiplin Indonesia
Vol. 5 No. 2 (2025): CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Hutan Kota Langsa: Studi Kasus PT. Pelabuhan Kota Langsa

Aksal, Muhammad Aulia (Unknown)
Rosalina, Dhian (Unknown)
Rahman, Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, citra destinasi, dan promosi terhadap kepuasan wisatawan di Taman Hutan Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, citra destinasi, dan promosi masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Berdasarkan uji koefisien determinasi, variabel bebas mampu menjelaskan 51,9% variasi kepuasan wisatawan, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Temuan ini menunjukkan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan, pengelolaan citra destinasi, dan strategi promosi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan di Taman Hutan Kota Langsa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

citizen-journal

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian bidang studi dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Sosial, Komunikasi, Teknik, dan ...