Identifikasi masalah dalam penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang interaktif dan masih bersifat konvesional yang digunakan guru, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta mininnya penggunaan media interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAMER berbantuan media e-book terhadap dan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Pare’- Pare’ Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksprimen dengan bentuk pretest postetst Control groub desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SD Inpres Pare’- Pare’ Kelas V A dan V B. Jumlah soal keseluruhan yaitu 10 soal, tes pilihan ganda dengan jumlah 10 soal.. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pendidikan pancasila siswa setelah menggunakan model pembelajaran PAMER berbantuan media e-book pada kelas eksperimen diperoleh tinggi nilai rata-rata dari 55.23 menjadi 84.09. Sedangkan kelas control mengalami penurunan nilai rata-rata dari 62.63 menjadi 45.50, yang berarti metode pembelajaran konvensional kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa.This study aims to determine the effect of the PAMER learning model assisted by e-book media on the motivation and learning outcomes of class V students of SD Inpres Pare'-Pare', Gowa Regency. With the research problem "What is the effect of the PAMER learning model assisted by e-book media on the motivation and learning outcomes of class V students of SD Inpres Pare'-Pare', Gowa Regency?" The method used in this study is the Quasi Experiment method with a pretest posttest Control group design. The sample in this study were students of SD Inpres Pare'-Pare' Class V A and V B. The total number of questions is 10 questions, multiple choice tests with a total of 10 questions. Based on the results of the study, it shows that the learning outcomes of students' Pancasila education after using the PAMER learning model assisted by e-book media in the experimental class obtained a high average value from 55.23 to 84.09. While the control class experienced a decrease in the average value from 62.63 to 45.50, which means that conventional learning methods are less effective in improving student understanding.
Copyrights © 2025