CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 13, No 1 (2025): Maret 2025

Efektivitas Google Sites dalam Pembelajaran Pancasila untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa di SMP

Prihastuti, Meika (Unknown)
Kusrina, Tity (Unknown)
Nasuha, Muntoha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana penggunaan Google Sites dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter mandiri siswa di tingkat SMP. Pendidikan Pancasila memiliki peranan yang sangat krusial dalam membangun karakter bangsa, dan pemanfaatan teknologi digital dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Google Sites dipilih sebagai platform untuk memperkenalkan konsep pembelajaran yang lebih interaktif, dengan harapan dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan mandiri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang mengandalkan data yang diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi dari kegiatan pembelajaran. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Google Sites dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memperkuat semangat belajar mereka, dan mendukung perkembangan karakter mandiri. Peningkatan terlihat pada kemampuan berkarya siswa, yang lebih aktif dalam menyelesaikan tugas-tugas berbasis teknologi. Meskipun hasil yang diperoleh cukup positif, penelitian ini juga mencatat adanya tantangan, seperti rendahnya tingkat literasi digital di kalangan sebagian siswa dan terbatasnya akses internet, yang menghambat optimalisasi penggunaan Google Sites . Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan pelatihan teknologi bagi guru dan siswa serta penyediaan akses internet yang lebih baik untuk memaksimalkan potensi pembelajaran berbasis teknologi. This research aims to explore the effectiveness of integrating Google Sites in Pancasila Education as a tool to foster the development of students' independent character in junior high schools. Pancasila education holds a crucial role in shaping the national character of Indonesia, and in an effort to enhance the quality of learning, digital tools like Google Sites can provide an interactive and engaging learning environment. The study utilizes a qualitative descriptive approach, gathering data through direct observations, interviews with teachers and students, and the review of student assignments. The findings indicate that incorporating Google Sites into the learning process significantly increases student participation, motivation, and their ability to work independently. Moreover, students' creativity improved, as they became more proactive in completing technology-assisted tasks. However, the study also highlights challenges such as digital literacy gaps and limited internet connectivity, which hinder the full utilization of Google Sites in the learning process. The research underscores the need for teacher and student training, as well as improved internet infrastructure, to optimize the potential of technology-enhanced education. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CIVICUS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Civicus merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan e-ISSN 2614-509X dan p-ISSN 2338-9680. Adapun kajian publikasi jurnal Civicus yakni (1) Ilmu ...