Permasalahan penelitian ini ialah rendahnya kemampuan membaca pada Sekolah Dasar (SD), padahal membaca menjadi salah satu peran penting pada hidup. Membaca ialah proses memahami dan menginterpretasikan simbol-simbol atau teks yang menulis, untuk memperoleh informasi, pengetahuan, atau hiburan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap kemampuan membaca siswa Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen, kemudian pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dengan menggunakan lembar observasi. Sampel pada penelitian ini adalah 8 siswa kelas II Sanggar Bimbingan Kampung Bharu. sedangkan teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji expert judmgment dan uji hipotesis. Data yang Diperoleh menggunakan uji hipotesis untuk memberikan pendekatan efektivitas yang diterapkan. Diketahui akibat uji statistik menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000, yang lebih kecil dari0,05. Hal ini telah diterima juga tidak diterima.dengan demikian, dapat disimpulkan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) mempunyai efek yang signifikan terhadap kemampuan membaca peserta didik pada Sanggar Bimbingan Kampung Bharu, Malaysia.The problem of this study is the low reading ability in Elementary Schools (SD), whereas reading is one of the important roles in life. Reading is the process of understanding and interpreting symbols or written texts, to obtain information, knowledge, or entertainment. The purpose of this study was to determine the effect of the Teaching at The Right Level (TaRL) approach on the reading ability of students at Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. quantitative approach and using experimental methods, then data collection used was observation using observation sheets. The sample in this study was 8 students of class II Sanggar Bimbingan Kampung Bharu. while the data analysis technique used expert judgment and hypothesis testing. The data obtained used a hypothesis test to provide an effective approach that was applied. It is known that the results of the statistical test showed that the sig value (2-tailed) was 0.000, which was smaller than 0.05. This has been accepted and not accepted. Thus, it can be concluded that the Teaching at The Right Level (TaRL) approach has a significant effect on the reading ability of students at Sanggar Bimbingan Kampung Bharu, Malaysia
Copyrights © 2025