CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 13, No 1 (2025): Maret 2025

Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Anti Korupsi di Kalangan Mahasiswa

Hasan, Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2025

Abstract

Korupsi di lingkungan akademik, seperti suap dalam penerimaan mahasiswa, jual beli nilai serta penyalahgunaan dana pendidikan menjadi tantangan dalam menanamkan nilai integritas di kalangan mahasiswa. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter anti korupsi, namun efektivitas strategi pembelajarannya masih perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pembelajaran PKn dalam membentuk karakter anti korupsi mahasiswa di Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari dua dosen pengampu mata kuliah PKn dan 20 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi berbasis studi kasus, diskusi kelompok dan simulasi peradilan semu efektif dalam meningkatkan kesadaran, pemahaman dan sikap anti korupsi mahasiswa. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan fasilitas pendukung, strategi ini tetap memberikan dampak positif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi metode berbasis pengalaman nyata serta peningkatan dukungan fasilitas untuk mengoptimalkan pembelajaran PKn. Corruption in academic settings, such as bribery in student admissions, grade manipulation, and the misappropriation of educational funds, poses significant challenges in fostering integrity among students. Citizenship Education (PKn) plays a crucial role in shaping students' anti-corruption character; however, the effectiveness of its teaching strategies requires further investigation. This study aims to identify and analyze PKn teaching strategies in shaping students' anti-corruption character at Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat. A descriptive qualitative approach was employed, utilizing in-depth interviews, participatory observations, and document analysis. The research informants consisted of two PKn lecturers and 20 students. The findings indicate that case-based learning, group discussions, and mock trial simulations effectively enhance students' awareness, understanding, and attitudes toward anti-corruption. Despite challenges such as limited class time and inadequate facilities, these strategies still yield positive results. This study recommends integrating experiential learning methods and strengthening facility support to optimize PKn learning in higher education. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CIVICUS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Civicus merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan e-ISSN 2614-509X dan p-ISSN 2338-9680. Adapun kajian publikasi jurnal Civicus yakni (1) Ilmu ...