Abstrak: Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang besar untuk masyarakat menengah ke bawah, karena perekonomian menurun dan terjadi banyak Pengurangan Hak Kerja (PHK) bagi para pegawai di perusahaan/pabrik. Perubahan kondisi ekonomi ini berpengaruh terhadap pergerakan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan karakteristik sosial ekonomi dengan pemilihan moda pada masa pandemi Covid-19 melalui metode analisis uji chi-square. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang melihat perubahan pemilihan moda dalam 4 periode waktu yaitu sebelum pandemi, PSBB 1 (April, Mei, Juni 2020), PSBB 2 (Juli, Agustus, September 2020), dan PSBB 3 (Oktober, November, Desember 2020). Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar pelaku perjalanan cenderung tidak melakukan perubahan pilihan moda. Berdasarkan hasil analisis, karakteristik sosial ekonomi yang memiliki hubungan dengan pemilihan moda transportasi pada saat sebelum pandemi dan PSBB adalah pekerjaan, pendidikan, pendapatan, jumlah tanggungan, kepemilikan kendaraan, dan jenis tempat tinggal. Secara umum, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pertimbangan pengambilan keputusan terkait kebijakan transportasi pada masa pandemi di Kota Bandung.Abstract: Covid-19 pandemic has a great impact on the lower middle class, because the economy ecreased and there were many reductions in work rights (PHK) for employees in companies/factories. Changes in income levels affect the movement of people. This study was conducted to see the relatfionship between the socio-economic and the mode selection during the Covid-19 pandemic through the chi-square method of analysis. The type of this research is a quantitative that looks at changes in mode of choice in 4 time periods, namely before pandemic, PSBB 1 (April, May, June 2020), PSBB 2 (July, August, September 2020), dan PSBB 3 (October, November, December 2020). The results showed that most of travellers tend to not change modes. Based on the results of analysist, socio-economic status that affects the choice of transportation mode before the pandemic and PSBB is a factor of work, education, income, vehicle ownership, and type of residence. In general, it is hope that this research can contribute for the consideration of decision making related to transportation policies during the pandemic in the city of Bandung.
Copyrights © 2023