Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode muraja’ah dalam pembelajaran hafalan surah pendek terhadap anak usia 4–5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Melawi 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas dan datanya adalah lembar hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan guru kelas TK. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode muraja’ah dalam meningkatkan hafalan surah pendek anak sudah terpenuhi. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan merumuskan materi kegiatan, materi pembiasaan, menyusun bahan pembelajaran, merencanakan alat, pendekatan serta metode pembelajaran, dan sumber yang dipakai menggunakan metode muraja’ah. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan pra pelaksanaan, pembukaan, kegiatan inti, pemanfaatan bahan main, penilaian proses, dan penutup menggunakan metode muraja’ah. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan mempersiapkan bahan refleksi dan mengumpulkan informasi anak menggunakan metode muraja’ah.
Copyrights © 2024