Sinkron : Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika
Vol. 2 No. 1 (2017): SinkrOn Volume 2 Nomor 1 Oktober 2017

Analisis Prediksi Indeks Harga Konsumen Berdasarkan Kelompok Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Backpropagation

Wanto, Anjar (Unknown)
Windarto, Agus Perdana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2017

Abstract

Analisis pada sebuah prediksi (peramalan) sangat penting dilakukan pada sebuah penelitian, agar penelitian menjadi lebih tepat dan terarah. Seperti halnya dalam memprediksi Indeks Harga Konsumen berdasarkan kelompok kesehatan, diperlukan adanya kajian-kajian dan penggunaan metode yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara luas, baik bagi Pemerintah Daerah maupun pihak swasta sebagai salah satu bahan kajian dalam pengembangan bisnis, maupun bagi para akademisi sebagai bahan kajian/penelitian khususnya yang terkait dengan bidang ekonomi dan kebijakan publik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Indeks Harga Konsumen berdasarkan kelompok Kesehatan yang berasal dari Badan Pusat Statistik Kota Medan dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2016, bulan Januari sampai dengan Desember. Penelitian ini menggunakan metode jaringan saraf tiruan Backpropagation dengan menggunakan 8 model arsitektur, yakni : 12-5-1, 12-26-1, 12-29-1, 12-35-1, 12-40-1, 12-60-1, 12-70-1 dan 12-75-1. Penggunaan metode ini nantinya akan menghasilkan prediksi dengan tingkat akurasi sebesar 92% dan besar MSE 0,3659742 dengan tingkat error yang digunakan 0,001 – 0,05 dengan menggunakan model arsitektur 12-70-1. Dengan demikian, model ini cukup bagus untuk prediksi Indeks Harga Konsumen berdasarkan kelompok kesehatan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sinkron

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Scope of SinkrOns Scientific Discussion 1. Machine Learning 2. Cryptography 3. Steganography 4. Digital Image Processing 5. Networking 6. Security 7. Algorithm and Programming 8. Computer Vision 9. Troubleshooting 10. Internet and E-Commerce 11. Artificial Intelligence 12. Data Mining 13. Artificial ...