Kesadaran beragama merupakan konsep yang kompleks yang mencakup pemahaman individu terhadap keyakinan, nilai, dan praktik dalam konteks agama. Dalam penelitian ini yang dimaksud kesadaran beragama adalah konsep dimana siswa mampu mengendalikan akal, perasaan, dan prilaku untuk melahirkan tindakan yang menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari baik dari hubungan dengan sang penciptanya, hubungan sesama makhluk maupun hubungan dengan lingkungannya. Guru PAI selain mengajar juga memilki tugas dan tanggung jawab untuk membimbing dan membentuk siswa untuk memiliki kesadaran dalam beragama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dimana kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian ini berasal dari buku, jurnal ilmiah, literatur dan publikasi lain yang layak dijadikan sumber untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Ada beberapa strategi yang bisa diberikan oleh guru PAI untuk meningkatkan kesadaran beragama siswa yaitu: Pertama, pendidikan nilai: Guru dapat mengintegrasikan ajaran agama dalam kurikulum dengan memperkenalkan nilai-nilai yang diperintahkan oleh agama. Kedua, Contoh teladan: Guru bisa menjadi contoh yang baik dalam menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, konseling dan bimbingan: Guru dapat memberikan konseling dan bimbingan kepada siswa yang membutuhkan untuk membantu mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang agama dan spiritualitas. Kempat, kolaborasi dengan orang tua dan komunitas.
Copyrights © 2024