Azkia : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam
Vol. 19 No. 2 (2024): Desember

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI MAWARIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII DI MA AL-BAIRUNNY JOMBANG

Zumrotul Nur Hanifah (Unknown)
Muhammad Qoyum Zuhriawan (Unknown)
Muhammad Aliyul Wafa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk proses pengembangan dan menghasilkan modul berbasis masalah pada materi mawaris untuk siswa kelas XII yang valid dan efektif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keefektifan pengembangan modul berbasis masalah pada materi mawaris kelas XII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan data uji kevalidan dari validator Ahli materi dan ahli media, modul berbasis masalah pada materi mawaris ini menujukkan kategori sangat valid sehingga layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan data hasil angket pesrta didik menunjukkan kategori sangat valid sehingga layak digunakan. (3) Berdasarkan data hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test siswa adalah 79,67 dan post-test siswa adalah 91,33. Didapat nilai post-test lebih baik dari pre-test sehingga ada perubahan yang cukup signifikan dalam penggunaan modul. Maka dapat disimpulkan bahwa modul berbasis masalah pada materi mawaris sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

azkia

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Azkia : jurnal aktualisasi Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli, Aceh. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Agama Islam. Artikel yang dimuat dalam jurnal Azkia adalah hasil penelitian ...