Workshop pembelajaran IPA berbasis TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) untuk guru IPA SMP di Kabupaten Cirebon perlu dilakukan karena adanya kebutuhan dan tuntutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital dan implementasi kurikulum merdeka. Workshop pelatihan TPACK bertujuan untuk membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan aplikatif yang dibutuhkan dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran IPA berbasis TPACK dalam implementasi kurikulum merdeka. Adapun metode yang digunakan dalam workshop penguatan dan pengembangan TPACK guru meliputi metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Hasil workshop menunjukkan terdapat peningkatan TCK (Technological Content Knowledege) peserta dari rata-rata pretest sebesar 50,25 menjadi rata-rata posttes sebesar 61,25. Komponen integrasi TPACK lainnya yaitu TPK, PCK dan TPACK mengalami penurunan. Fenomena ini sebagai sesuatu hal yang lumrah karena workshop dititik beratkan bagaimana media pembelajaran berbasis teknologi informatika digunakan dalam pembelajaran IPA. Materi yang disampaikan dapat menngkatkan pemahaman teknologi yang dipadu dengan pemahaman konten yang telah dimiliki oleh peserta. Hal ini berarti penyelenggaraan workshop berdampak pada peningkatan kompetensi guru yang bermuara pada peningkatan kinerja profesional guru. Hasil kegiatan workshop dapat meningkatkan motivasi untuk terus mengembangkan keahlian mengajarnya dalam menintegrasikan teknologi dalam pembelajarannya khususnya dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan topik dan kondisi siswa serta tuntutan kurikulum merdeka yang sedang dijalan oleh sekolah.
Copyrights © 2024