Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Cijoho Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif mencari dan mencocokan pasangan kartu soal dan jawaban sehingga dapat membentuk siswa aktif, mandiri, bekerja sama, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran number head together dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan (Gain) hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran number head together. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan objek penelitian yaitu di SDN Cijoho dengan sampel pada kelas eksperimen 26 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes objektif (Pretest-Posttest). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia SDN Cijoho Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024