Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang akan digunakan Koperasi Asperindo dalam menjalankan usahanya sehingga dapat di implementasikan secara tepat pada koperasi. Penelitian ini menggunakan formulasi strategi koperasi agar dapat berkembang dan berkesinambungan dengan merumuskan strategi bisnisnya melalui pendekatan SWOT dan QSPM. Dari hasil matriks IFAS dan EFAS Koperasi Asperindo di dapat nilai hasil skor bobot untuk kekuatan (strength) diperoleh nilai sebesar 2,58. Sedangkan total skor kelemahan sebesar 0,53. Skor peluang sebesar 2,44; sedangkan skor ancaman diperoleh sebesar 0,61. Setelah mengetahui hasil IFAS dan EFAS, langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis dengan menggunakan matriks Space dan matriks IE. penentuan formulasi strategi dengan menggunakan matriks space terlihat bahwa nilai SW memiliki nilai selisih positif yakni sebesar 2,05; sedangkan OT positif sebesar 1,83; sehingga Koperasi Asperindo berada dalam posisi kuadran 1 yakni mendukung strategi agresif. Dari hasil analisis Matriks IE dapat dilihat posisi Koperasi Asperindo berada di sel 1 artinya Koperasi Asperindo berapa pada posisi pertumbuhan. Sehingga dari hasil analisis baik melalui matriks space dan matriks IE maka kesimpulan dalam penelitian ini formulasi strategi yang cocok digunakan oleh Koperasi Asperindo adalah strategi agresif (pertumbuhan). Berdasarkan Matriks TOWS Koperasi Asperindo terdiri dari 8 (delapan) alternatif strategi : 2 SO, 2 WO, 2 ST, 2 WT. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan QSPM dapat disimpulkan prioritas strategi paling optimal dan prioritas yaitu dapat di terapkan yaitu strategi penetrasi pasar dengan nilai TAS sebesar 6,08 selanjutnya strategi pengembangan pasar dengan nilai TAS sebesar 5,69 dan terakhir strategi pengembangan produk dengan nilai TAS sebesar 5,59. Dari hasil nilai TAS yang di dapat dari analisis QSPM dapat disimpulkan strategi penetrasi pasar dapat dipilih dan menjadi acuan strategi prioritas dan teroptimal.Kata Kunci: Koperasi, Logistik, Formulasi Strategi, SWOT, QSPM.
Copyrights © 2022