Tujuan penelitian ini yaitu agar mengetahui kualitas produk dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Adapun Tempat yang di ambil untuk penelitian ini adalah Klinik Kusuma Beauty.Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel 98 responden. Metode deskriptif menggambarkan biografi objek penelitian dan menggunakan instrumen penyebaran kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Adapun penerapan metode kausal dalam penelitian ini adalah menjelaskan apakah kualitas produk dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Klinik Kusuma Beauty. Analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien uji t dan uji F merupakan teknik analisis data yang digunakan.Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk mengetahui besarnya hubungan dari kualitas produk dan citra merek secara bersama-sama (simultan) terhadap loyalitas pelanggan dapat diketahui sebesar 0,882 x 100% = 88,2%. Angka tersebut menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek mampu menjelaskan loyalitas pelanggan sebesar 0,882 atau 88,2% dan sisanya sebesar 11,8% disebabkan oleh faktor yang lain yang tidak diteliti. Secara parsial terdapat pengaruh signifikan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dan terdapat pengaruh signifikan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Dengan demikian kualitas produk dan citra merek secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek dan Loyalitas Pelanggan
Copyrights © 2023