Latar belakang pada penelitian ini yaitu untuk menegetahui rendahnya pembelajaran Fiqih pada siswa kelas V MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun pelajaran 2022-2023. Karna ini di sebabkan karana seorang guru belum menggunkan model pembelajaran baru dalam kegiatan pembelajaran, Guru lebih banyak menggunakan model ceramah, Tanya jawab. Tujuan ingin di capai peneliti untuk meningkatkan Hasil pembelajaran Fiqih . peniliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Subjek peneliti ini Siwa Kelas V MI Nurul Huda. Data pada penelitian ini di peroleh darhasil Observasi, Tes, wawancara, dana Dokumentasi. Tekni analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan model pembelajaran ICM (Index card macth) dapat melalui langkah-langkah : Konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat pembelajaran, pembodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. (2) Menggunakan model pembelajaran ICM (Index card macth) dapata meningkatkan hasil belajar Fiqih pada Siswa Kelas V MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo dengan fungsi materi tentang haid dan bersi suci dari haid. Hasil peningkatan pada Pra Siklus 55% dengan yang tuntas 13 anak, Siklus I hasil rata 58,00% denga yang tuntas 14 anak, Siklus II hasil rata-rata 75% . Kesimpulan pada penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ICM (Index card macth) di MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo dapat meningkatkan hasil belajar denga materi tentang haid dan tata cara bersuci dari haid.
Copyrights © 2024