Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel pelajaran bahasa indonesia, hasil dari penggunaan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel bahasa indonesia, faktor pendukung dan penghambat metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel bahasa Indonesia kelas IV MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo, jenis penelitian ini menggunakan tindakan kelas (PTK). Berdasarkan observasi guru telah melakukan penggunaan metode resitasi dengan metode tersebut sangat baik bagi kami untuk diterapkan karena dapat merangsang siswa untuk belajar lebih banyak, baik pada waktu didalam kelas maupun diluar kelas walaupun waktunya sedikit sedangkan pelajaran banyak, metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia. Dari sebelum menggunakan metode tersebut dan dari hasil tes yang dilakukan peneliti, ditemukan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari sebelum menggunakan metode resitasi. Hal ini terlihat dari hasil pre-tes yang dilakukan peneliti yang siswanya memperoleh nilai rata-rata 85,5% dan setelah menggunakan metode resitasi nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 90. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode resitasi merupakan metode yang dapat membantu proses belajar siswa, Faktor pendukung yaitu : lingkungan kelas yang saling mendukung, sehingga para siswa di kelas ini selalu semangat dan saling mendukung antar siswa yang lain. Peranan dan pengaruh motivasi dari orang tua siswa, Semangat motivasi guru, siswa yang berhasil adalah guru yang mampu memberikan pemahaman yang baik serta memberikan peningkatan motivasi dalam belajar. Sedangkan penghambat yaitu : Kurangnya durasi waktu bagi beberapa siswa yang kurang untuk menyelesaikan. Tidak adanya buku pegangan mata pelajaran bahasa indonesia.
Copyrights © 2023