Educational Journal of Bhayangkara (EDUKARYA)
Vol. 1 No. 1 (2020): Juli 2020

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Powerpoint Pada Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup

Kurnia, Asri (Unknown)
Nurkaeti, Nunuy (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2020

Abstract

Abstract Based on preliminary studies conducted at SDN Pengadilan 2 Kota Bogor that study with the curriculum 2013 includes aspects of the attitudes, knowledge, and still needs development and improvement of learning processes and outcomes. This study aims to improve the process and student learning outcomes through the application of PowerPoint media. This research method is a classroom action research that refers to the Kemmis and Taggart design with a sample of 26 third grade students of SDN Pengadilan 2 Bogor City. Preliminary data on student learning outcomes show that only 7.69% of students achieved the Minimum Mastery Criteria (KKM). The results showed an increase in the average learning process by 91.73% (cycle I) to 95.02% (cycle II) with very good interpretation. Improved learning process followed by an increase in learning outcomes includes an increase in the average spiritual attitude, social, knowledge, and skills with very good interpretation. It is shown that learning using PowerPoint media could improve the process and learning outcomes. Keywords: Media Slides PowerPoint, Learning Outcomes, KKM. Abstrak Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Pengadilan 2 Kota Bogor hasil belajar peserta didik dengan menggunakan kurikulum 2013 mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan masih membutuhkan pengembangan dan peningkatan proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media power point. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu kepada desain Kemmis dan Taggart dengan sampel 26 orang peserta didik kelas III SDN Pengadilan 2 Kota Bogor. Data awal hasil belajar peserta didik menunjukkan hanya 7,69% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata proses pembelajaran sebesar 91,73% (siklus I) menjadi 95,02% (siklus II) dengan interpretasi sangat baik. Peningkatan proses belajar diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar mencakup peningkatan rata-rata sikap spiritual, social, pengetahuan, dan keterampilan dengan interpretasi sangat baik. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan penggunaan media powerpoint dapat memperbaiki proses dan hasil belajar. Kata Kunci: Media PowerPoint, Hasil Belajar, dan KKM.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EDUKARYA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukarya mempublikasikan artikel dengan Fokus dan Ruang Lingkup pada bidang ilmu yang telah dikaji secara empiris dan teori. Adapun Fokus dan Ruang Lingkup penelitian pada: Inovasi Belajar dan Pembelajaran di SD Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di SD Kompetensi Pendidik di SD ...