Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi puzzle berbasis Computer Vision dengan Hand Tracking untuk anak usia dini. Game ini dirancang agar pemain dapat menyusun potongan puzzle menggunakan gerakan tangan, tanpa perlu menggunakan perangkat input fisik seperti mouse atau keyboard. Teknologi Hand Tracking yang digunakan berbasis MediaPipe dan OpenCV, memungkinkan deteksi tangan serta pengenalan pinch gesture (gerakan mencubit) untuk memilih dan memindahkan potongan puzzle ke posisi yang benar. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa seluruh fitur utama game telah berfungsi dengan baik. Deteksi tangan berhasil mengenali tangan pemain dan menampilkan titik-titik landmark. Pinch gesture dengan jarak ? 70 px antara jari telunjuk dan jari tengah dapat digunakan untuk memilih potongan puzzle. Pemindahan dan penyelarasan otomatis potongan puzzle ke dalam grid juga berfungsi sesuai harapan. Potongan yang telah ditempatkan dengan benar akan terkunci dan ditandai dengan warna hijau, sedangkan yang belum benar berwarna merah. Sistem juga berhasil berpindah ke level berikutnya setelah puzzle terselesaikan dan menampilkan notifikasi "Puzzle Selesai!" ketika semua level telah diselesaikan. Selain itu, game telah berjalan dalam mode fullscreen dan dapat ditutup dengan menekan tombol ‘q’. Dengan hasil pengujian yang menunjukkan keberhasilan implementasi fitur-fitur utama, game edukasi puzzle berbasis Computer Vision ini dapat memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi anak usia dini, sekaligus meningkatkan keterampilan kognitif dan koordinasi tangan-mata mereka. This study aims to develop an educational puzzle game based on Computer Vision with Hand Tracking for early childhood. The game is designed to allow players to assemble puzzle pieces using hand gestures, eliminating the need for physical input devices such as a mouse or keyboard. The Hand Tracking technology used is based on MediaPipe and OpenCV, enabling hand detection and recognition of pinch gestures for selecting and moving puzzle pieces to the correct position. System testing results show that all the game's main features function properly. Hand detection successfully recognizes the player's hand and displays landmark points. A pinch gesture with a distance of ? 70 px between the index and middle fingers can be used to select puzzle pieces. The movement and automatic alignment of puzzle pieces into the grid also work as expected. Correctly placed pieces are locked and marked in green, while incorrect ones are marked in red. The system also successfully transitions to the next level once the puzzle is completed and displays a "Puzzle Selesai!" notification when all levels are finished. Additionally, the game runs in fullscreen mode and can be closed by pressing the 'q' key. With testing results confirming the successful implementation of key features, this Computer Vision-based educational puzzle game is expected to provide an interactive and enjoyable learning experience for young children while enhancing their cognitive skills and hand-eye coordination.
Copyrights © 2025