Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian, terutama dalammenghadapi tantangan era Industri 4.0 yang menuntut pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dandaya saing. UMKM Keripik Barokah Mbak Hana, yang terletak di Kebun Lada, Binjai Utara, Sumatra Utara,merupakan usaha mikro yang memproduksi berbagai varian kripik dari ubi dan pisang. Namun, UMKM inimenghadapi keterbatasan dalam hal pemasaran dan distribusi informasi karena belum memanfaatkan teknologiwebsite. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun website profile untuk UMKM KeripikBarokah Mbak Hana dengan menggunakan metode Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan,desain sistem, implementasi, pengujian, serta pemeliharaan. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah websiteyang memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi terkait produk, sejarah, visi dan misi, serta kontakyang lebih mudah. Sistem ini memiliki dua jenis pengguna, yaitu guest (pengunjung) yang dapat melihatinformasi dan menghubungi admin, serta admin yang dapat mengelola konten website. Dengan adanya websiteprofile ini, diharapkan UMKM Keripik Barokah Mbak Hana dapat lebih dikenal luas dan dapat mengembangkanusahanya secara efektif melalui media digital.
Copyrights © 2025