Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mengetahui cara meningkatkan pemahaman siswa kelas IX A SMPS Seminari St. Yoh. Berkhmans Mataloko dalam mengidentifikasi jenis rangkaian listrik; dan (2) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IX A SMPS Seminari St. Yoh. Berkhmans Mataloko dalam mengidentifikasi jenis rangkaian listrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan perbaikan dan evaluasi terhadap proses pembelajaran pada Siklus I, dengan menyesuaikan metode, materi dan strategi pembelajaran yang lebih efektif, maka dapat dilihat adanya perubahan nilai. Pada Siklus II, setelah adanya perbaikan hasilnya menunjukkan bahwa seluruh siswa mencapai KKM, bahkan beberapa siswa melebihi KKM yang ditargetkan. Dengan demikian maka simulasi sebagai metode pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai rangkaina listrik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024