Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi momentum impuls dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality pada materi momentum impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research Development (RD) dengan model 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Dissemination. Produk berupa modul dan aplikasi Augmented Reality. Subjek penelitian adalah peserta didik di SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas pada uji coba lapangan adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran momentum impuls dengan nilai kelayakan SBi sebesar 1.602 berkategori baik. Media ini juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada uji coba lapangan dengan nilai gain sebesar 0.80 yang berarti terjadi peningkatan tinggi.
Copyrights © 2025