Permasalahan dalam proses pembelajaran di kelas VI SDN 002 Lubuk Keranji seperti kemampuan atau motivasi belajar peserta didik masih sangat rendah, keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran, sistem pembelajaran yang monoton dan hanya berpusat kepada pendidik saja, kurangnya kemampuan dalam memanfaatkan media teknologi, serta kurangnya perhatian orang tua peserta didik saat belajar dirumah. Pada masa pandemi sangat dibutuhkan inovasi-inovasi pembelajaran yang harus mampu diciptakan dengan memanfaatkan media berbasis android dapat dilaksanakan secara offline maupun online melalui pengembangan multimedia interaktif berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan dari bahan ajar interaktif berbasis android terhadap penguasaan materi, berfikir kritis dan peningkatan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, angket dan tes. Analisa data menggunakan analiss statistik deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan karakteristik multimedia interaktif yang dikembangkan sangat menarik setelah dilakukan revisi. Multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dari hasil validasi enam orang validator yaitu dua orang validator materi, dua orang validator media dan dua orang validator bahasa. Multimedia interaktif yang dikembangkan praktis digunakan berdasarkan kuisioner yang dibagikan kepada responden dengan kategori baik. Multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan manajemen pembelajaran kimia. Hal ini terbukti dari uji efektifitas N-gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang
Copyrights © 2024