Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Membangun Kesadaran Lingkungan Sejak Dini: Strategi P5 dalam Pembelajaran Pengelolaan Sampah bagi Siswa SD

Rahman, Sauqi (Unknown)
Fitriah, Fitriah (Unknown)
Fauziah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Pentingnya untuk membangun kesadaran lingkungan kepada anak-anak sejak dini agar mereka menjadi peduli dengan lingkungan mereka di masa depan. Dalam konteks pendidikan, Kurikulum Merdeka menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dalam pendidikan yang berfokus pada penguatan karakter siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan P5 dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa kelas 4 di SD Negeri Swato 2. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara dan observasi guru dan siswa tentang kegiatan P5. Penanaman terhadap kesadaran lingkungan di SD Negeri Swato 2 dilakukan melalui pemahaman tentang lingkungan dalam kegiatan P5 dengan Tema yang digunakan adalah gaya hidup berkelanjutan dengan topik “kurangi plastik hidup jadi asyik”, pada fase B kelas 4. Hal ini dilakukan melalui proses perencanaan, perencanaan dimulai dari menentukan alokasi waktu dan dilaksanakan penuh oleh peserta didik. Pelaksanaan pemahaman lingkungan ini dilakukan melalui kegiatan pengenalan, kontekstual, dan aksi, yang mana pemahaman tentang lingkungan mengarah pada pengenalan, dan kegiatan secara langsung memilah sampah organik dan nonorganik yang ada di lingkungan sekitar, selanjutnya kegiatan aksi dilakukan dengan membuat poster tentang pengelompokkan sampah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...