Penelitian ini mengeksplorasi penerapan bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan Inggris, di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Puteri. Fokus utama penelitian adalah kegiatan, usaha, dan metode pembelajaran dalam sistem pendidikan bilingual, serta faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan bahasa asing, seperti guru, siswa, dan lingkungan. tujuan penelitian ini adalah Menganalisis penerapan bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam sistem pendidikan bilingual di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Puteri. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bahasa Arab di sekolah ini cukup baik, supported oleh panduan buku dan kurikulum dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor. Meskipun begitu, karena sekolah baru berdiri, belum semua aspek pembelajaran bilingual terpenuhi, terutama dalam penyediaan buku untuk mendukung materi belajar. Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris juga berjalan baik, dengan pelajaran yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan Alquran. Beberapa faktor yang berpengaruh dalam penerapan bahasa asing antara lain: 1. Faktor Siswa: Siswa terkadang kesulitan memahami kosakata baru dan kurang fokus dalam belajar. 2. Faktor Guru: Kualifikasi guru berperan penting dalam penguasaan materi dan keberhasilan siswa. 3. Faktor Lingkungan: Lingkungan sekolah sangat mendukung pendidikan bilingual karena berada dalam kawasan pondok pesantren yang menggunakan bahasa asing sehari-hari. Secara keseluruhan, penerapan bahasa asing di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Puteri dapat dianggap baik, meskipun masih ada tantangan yang perlu diatasi.
Copyrights © 2025