Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 2 (April 2025)

Tantangan Penyesuaian Mahasiswa Magister PGMI Terhadap Field Study pada Mata Kuliah Islam dan Ilmu Sosial Humaniora

Indah, Mutiara (Unknown)
Murtono, Murtono (Unknown)
Muqowim, Muqowim (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan penyesuaian mahasiswa magister Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dalam field study pada mata kuliah Islam dan Ilmu Sosial Humaniora. Field study menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan teori dan praktik, namun mahasiswa sering kali menghadapi berbagai hambatan di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi mahasiswa meliputi kesenjangan antara teori yang diajarkan dengan kondisi lapangan, faktor sosial dan budaya, serta kurangnya kesiapan mahasiswa S1 dan pengalaman mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat setempat. Selain itu, faktor personal seperti manajemen waktu dan adaptasi terhadap lingkungan sosial turut memengaruhi proses penyesuaian. Studi ini menyarankan perlunya penguatan kesiapan mahasiswa melalui pelatihan berbasis keterampilan sosial, penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan lapangan, dan dukungan supervisi yang berkelanjutan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengelola program magister PGMI untuk meningkatkan efektivitas field study dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...