Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi
Vol. 12 No. 1 (2024)

Penggunaan Teknologi Virtual Reality dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur

Aminudin, Sukron (Unknown)
Rahmawati, Tuti (Unknown)
Ismail, Agus Yadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2024

Abstract

Penggunaan virtual reality sangat berguna di bidang pendidikan dalam meningkatkan pemahaman siswa saat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren publikasi dan kutipan, serta fokus penelitian, dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran oleh guru dari tahun 2020 hingga 2024. Metode penelitian ini menggunakan analisis bibliometrik menggunakan database yang bersumber dari Google Scholar menggunakan aplikasi publish or perish dan divisualisasikan dengan aplikasi Vos-Viewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan tren publikasi tidak diikuti oleh tren kutipan. Kemudian fokus penelitian berdasarkan kata kunci virtual reality dan pendidikan konsep masih banyak digagalkan sehingga dapat menjadi rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut. Penggunaan virtual reality untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa model pembelajaran, seperti: Inquiry, Project Based Learning, Problem Base Learning, Discovery Learning, STEM, dan SETS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edubiologica

Publisher

Subject

Other

Description

The scope of the journal includes: Teaching and Learning in Biology Education Curriculum Depelopment on Biology Education Evaluation of Biology Learning Biology Learning ...