Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 7 No. 1 (2025): April 2025

Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa SMK pada Materi Turunan

Fanani, Melfin Fahrul (Unknown)
Hakim, Dori Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa SMK Bina Karya 2 Karawang dalam materi turunan ditinjau dari disposisi matematis mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek enam siswa dari kategori kemampuan berpikir aljabar tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes uraian, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman di antaranya reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan disposisi matematis tinggi cenderung memiliki kemampuan berpikir aljabar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan disposisi matematis sedang atau rendah. Indikator berpikir aljabar yang dianalisis meliputi pemahaman terhadap variabel dan ekspresi variabel, penggunaan penalaran deduktif, penafsiran informasi dalam representasi, serta strategi dalam pemecahan masalah. Siswa dengan disposisi matematis rendah cenderung mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika yang berbasis aljabar. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan disposisi matematis sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir aljabar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...