Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah dalam pembelajaran IPAS di SDN 04 Koto Tuo, di mana metode pembelajaran yang dominan ceramah dan fokus pada guru menyebabkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi terbatas. Selain itu, media pembelajaran yang kurang variatif dan hanya bergantung pada buku LKS berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang banyak berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta kesulitan siswa dalam menjawab soal latihan. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini merancang media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan aplikasi Construct 3, yang diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran IPAS di kelas IV. Metode Research and Development (R&D) diterapkan dalam penelitian ini dengan lima tahapan ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Uji produk meliputi uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas menggunakan rumus Aiken's V, Moment Kappa, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji validitas sebesar 0,89 oleh dua ahli konstruksi, satu ahli kebahasaan, dan satu ahli konten yang diberikan valid, uji praktikalitas oleh dua guru menghasilkan nilai 0,93 yang sangat tinggi, dan uji efektivitas oleh tujuh belas siswa memperoleh nilai 0,86 dengan tingkat efektif tinggi. Dengan demikian, aplikasi media pembelajaran berbasis game edukasi untuk mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 04 Koto Tuo dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.
Copyrights © 2025