Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan tahapan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bead stairs terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun yang dilaksanakan di TK PGRI 2 Batangharjo dan TK Pertiwi 6 Adiwarno. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 66 sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 43. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test memperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.000<0.05 Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun yang bermain bead stairs dengan kemampuan berhitung anak yang tidak bermain bead stairs.
Copyrights © 2024