JURNAL RAUDHAH
Vol 13, No 1 (2025): RAUDHAH

Implementasi Program Jemput Murid di Pintu Gerbang Setiap Pagi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Murid Pada TK Kuncup Mekar

Widhyastuti, Ari (Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Fauzi, Fauzi (Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan murid sebelum diterapkannya program jemput murid di pintu gerbang setiap pagi dan setelah mengimplementasikan program jemput murid di pintu gerbang setiap pagi pada TK Kuncup Mekar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Kuncup Mekar Desa Banjareja Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap. Subjek yang digunakan yaitu semua murid di TK Kuncup Mekar yang berjumlah 30 anak, guru dan orangtua murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, mendisplay data dan menarik simpulan. Sedangkan untuk memastikan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan hasil wawancara guru dan orang tua murid serta observasi langsung, trigulasi teknikĀ  yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dan diskusi dengan guru di TK Kuncup Mekar. Hasil penelitian iniĀ  yaitu kedisiplinan murid meningkat setelah program jemput murid di pintu gerbang setiap pagi dilaksanakan, program ini membantu murid lebih mandiri, terjadi interaksi setiap pagi saat guru menyambut murid di gerbang membuat murid merasa lebih nyaman dan aman, suasana sekolah menjadi lebih kondusif, dan dukungan orang tua murid sangat dibutukan dalam pelaksanaan program jemput murid di pintu gerbang setiap pagi pada TK Kuncup Mekar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

raudhah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Raudhah Journal is a peer-reviewed journal, published twice a year [January and July] by the Department of Early Childhood Islamic Education (http://piaud.uinsu.ac.id/) at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic University of North Sumatra, Indonesia. Raudhah Journal publishes 10 ...